Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Cemong_Pecaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya.


Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri pada anak?
Membangun rasa percaya diri pada anak dapat kita mulai dari kesadaran kita selaku orang tua bahwa rasa percaya diri tumbuh berasal dari dalam diri anak masing-masing. Cara paling mendasar adalah orang tua harus memberi kepercayaan pada anak, agar mereka yakin akan kemampuan diri mereka sendiri.

Ajarkan kepada mereka untuk melakukan banyak hal mandiri, misalnya mengikat tali sepatu sendiri, belajar naik sepeda, berani mengikuti perlombaan, dll. Anak-anak yang percaya diri merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan menunjukkan sikap “Aku bisa”. Sebaliknya, mereka yang kurang memiliki rasa percaya diri selalu merasa “Aku tidak bisa” atau “Aku tidak cukup baik”.

Bagaimana Cara menanamkan rasa percaya diri anak ?
Menanamkan rasa percaya diri pada anak adalah sebuah proses bertahap. Hargai setiap apa yang telah mereka kerjakan. Saat tumbuh dewasa, proses jauh lebih penting daripada hasil. Jadi, tak peduli dia keluar sebagai pemenang atau tak mendapat gelar juara sama sekali, Anda harus memuji usahanya. Pickhardt mengatakan, “Anak-anak seharusnya tidak perlu merasa malu karena telah berusaha.” “Dalam jangka panjang, berusaha keras terus menerus akan membangun lebih banyak kepercayaan diri dibandingkan hanya bekerja dengan baik sesekali,” tambahnya.

Salah satu penyebab kurangnya rasa percaya diri anak adalah rasa takut dan keyakinan bahwa ia merasa tidak bisa atau pernah mengalami kegagalan dan kegagalan itu membuatnya merasa malu dan rendah diri. Sebagai orangtua, tugas kita adalah membantu mereka untuk menyadari apa ketakutan mereka, dan kemudian membimbing mereka untuk mengatasi ketakutan itu.

Salah satu bentuk dorongan yang terbaik adalah memberikan keyakinan kita atas kemampuan mereka secara terbuka. Tunjukkan pada mereka jika kita percaya mereka bisa.

Praktek penting lainnya dalam membangun rasa percaya diri anak adalah dengan memberi pengakuan atau pujian pada saat yang tepat. Katakanlah yang sebenarnya sesuai kenyataan. Yang penting adalah bahwa mereka mendapatkan beberapa bentuk penegasan ketika mereka melakukannya dengan baik.

Dan jangan sungkan untuk memberikan saran atau kritikan kepada mereka. Karena dengan kita memberikan saran hal ini dapat membantu mereka bagaimana cara mereka belajar menerima masukan dari orang lain untuk menggapai apa yang mereka inginkan.

Itulah beberapa hal yang mungkin dapat saya bagikan kepada anda para orang tua guna meningkatkan rasa percaya diri pada anak kita. Semoga bermanfaat.

cemong Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *