Baru! Tempat Wisata di Salem Brebes Jawa Tengah: Kalibaya Park

Baru! Tempat Wisata di Salem Brebes Jawa Tengah: Kalibaya Park

Pesona Kalibaya Park
Well

Kabupaten Brebes sendiri merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Saya menyebutnya kabupaten para Janda. Kenapa? Karena disini bahasa yang digunakan masyarakatnya itu ada dua yaitu Jawa dan Sunda. Makanya saya sebut daerah para Janda alias Jawa-Sunda, hehe.

Kabupaten Brebes itu sangat terkenal oleh Telor Asin dan Bawang Merah. Selain terkenal karena Telor Asin dan Bawang Merahnya, Kabupaten Brebes juga memiliki potensi wisata yang sangat menggiurkan dan sangat menakjubkan, terutama wisata alamnya. Salah satunya adalah wisata yang baru dibuka pada tahun kemarin, 2016. Nama wisata ini adalah Kalibaya Park, tempat wisata yang berada di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Kenapa? Karena disini anda akan menikmati berbagai keseruan dan kengerian dalam berwisata.

Kepanjangan dari Kalibaya itu adalah Kawasan Lio Rimba Raya (Kalibaya), sebab Kalibaya Park ini berada di Puncak Gunung Lio. Fyi, Kalibaya Park ini dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang dan Karang Taruna.

Daya Tarik
Untuk menuju Kalibaya Park ini anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok. Disepanjang jalan anda akan dihadiahi oleh udara yang segar sebab anda akan melewati kawasan hutan Gunung Lio dengan mayoritas ditumbuhi oleh pohon pinus.

Karena Kalibaya Park ini berada di Puncak Gunung Lio, maka trek jalan pun akan menanjak. Disini adrenalin anda akan dipacu terus-menerus, juga kelihaian anda dalam berkendara akan di uji disini. Apakah anda belum tertarik mengunjungi Kalibaya Park ini?

Selanjutnya setelah anda tiba di Kalibaya Park dan masuk ke dalam, anda akan disuguhkan oleh wahana-wanaha yang patut anda coba disini seperti wahana Outbond, Gardu Pandang (Panyawangan), Menara Pantau, ATV & Komodo Track serta Padang Savana, dlsb.

Tentunya anda akan disajikan oleh pesona alam yang sungguh mempesona, pemandangan langsung ke Waduk Malahayu. Denger-denger disini juga akan dibuat area Camping Ground. Apakah anda belum tertarik juga mengunjungi Kalibaya Park ini?

Rumah pohon
rumah pohon kalibaya
Baiklah, selain daya tarik yang sudah disebutkan tadi, di area Kalibaya Park juga tersedia Panggung Musik, dimana masyarakat setempat akan menampilkan sebuah pementasan kesenian khas Salem seperti Angklung dan Kecapi Suling. Dan Panggung Musik ini juga bisa digunakan untuk event-event seperti penampilan band atau yang lainnya. Apakah anda sudah tertarik mengunjungi Kalibaya Park ini? Lanjut ke bawah lagi mang..

Fasilitas Penunjang
Sebagai destinasi wisata yang baru dibuka tahun 2016, tentunya Kalibaya Park ingin memberikan pelayanan terbaik dari segi fasilitas penunjangnya, hal itu dihadirkan demi kenyamanan dan keamanan para pengunjungnya diantaranya sebagai berikut:
Area parkir
Tempat sampah
Tempat istirahat
Kamar mandi/ MCK
Rumah makan atau cafe
Dan lain sebagainya

Tarif Karcis/Tiket Masuk dan Parkir di Kalibaya Park
Tiket masuk: Rp. 3.000,00 (senin-jum’at)
Tiket masuk: Rp. 5.000 (weekend)
Parkir: Rp. 2.000,00/motor
Parkir: Rp. 5.000,00/mobil
Disini ngga ada tiket atau karcis keluar ya..hehe

Transportasi
Bagi saya yang asli dari Brebes, tentunya tidak bingung lagi untuk menuju ke Kalibaya Park ini. Namun itu berbeda bagi wisatawan luar kota atau bahkan luar negeri bila ingin berkunjung ke Kalibaya Park. Namun tidak usah bingung,  kami akan memberikan solusinya.

Dari Purwokerto/Tegal dan sekitarnya :
Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda arahkan kendaraannya menuju Bumiayu – Bantarkawung – Salem – desa Pasir Panjang – Kalibaya Park.

Kalau kendaraan umum rutenya sama saja, cuma saat nyampe di Pertigaan Bumiayu arah Bantarkawung, anda turun, lalu cari mobil bak terbuka yang menawarkan jasanya langsung menuju Salem, dari Salem anda menggunakan Ojek ke Kalibaya Park. Tarif ojeknya saya ngga tau, mending tawar-menawar aja.

Dari Cirebon/Pantura/Jakarta dan Sekitarnya:
Kalau anda menggunakan kendaraan pribadi/umum, masuk ke tol Palimanan-Kanci lalu exit di Kanci, terus lewati jalan pantura sampai flyover Pasar Gebang, lalu putar balik dan masuk ke Desa Gebang arah Malahayu lalu Banjarharjo. Setelah sampai di Banjarharjo arahkan ke jalan menuju Desa Salem.

Lalu anda akan melewati jalanan yang menanjak dan menikung cukup curam, setelah itu anda akan sampai pada puncak jalanan itu di Gunung Lio. Tengoklah sebelah kiri jalan itu ada gerbang bertuliskan “Kalibaya Park”.

Tips

Sekedar saran alangkah baiknya pake kendaraan pribadi lebih aman dan nyaman deh….

Jangan buang sampah sembarangan di area Kalibaya Park atau jalan menuju Kalibaya Park. Kalau masih buang sampah sembarangan, berarti kalian termasuk pengunjung wisata amatiran.hehe
Jangan malu bertanya bila ngga tau lokasi Kalibaya Park ini.
Jangan pake sendal atau sepatu kantoran sebab disini bukan area gedung perkantoran, pakailah sendal atau sepatu outdoor.
Bawalah pasangan anda kesini, tempatnya romantis, hehe.
Jangan lupa membeli makanan atau minuman di warung sekitar Kalibaya Park ini.
Pastikan kendaraan yang anda bawa dalam keadaan baik.
Dan jangan lupa bahagia, sebab kalau ngga bahagia artinya kalian butuh piknik sebagai obatnya.
Saran
Menurut saya, sebagai tujuan destinasi baru yang ada di Kabupaten Brebes, Kalibaya Park seperti ada yang kurang kayanya, yaitu kurang promosinya. Hehe.
Saran saya juga, buatlah taman baca atau taman edukasi, dimana disana terdapat buku-buku atau majalah atau yang lainnya, yang menyajikan keunikan ataupun kekhasan yang ada di Salem ataupun di Kabupaten Brebes itu sendiri. Sebab suasana disini cocok sekali buat baca buku atau pun majalah.
Satu lagi, buatlah sesuatu yang ant-mainstream dan kreatif di area Kalibaya Park.
Bagi yang belum mengunjungi Kalibaya Park, disarankan pada kalian untuk segera berkemas dan visit to Kalibaya Park now, it’s time for enjoy your life,,

copass dari laman http://azmizulhilmi.blogspot.co.id/2017/02/baru-tempat-wisata-di-salem-brebes-jawa.html

(ndak ada salahnya saling promosi, demi kemajuan kota Brebes yang tercinta)

cemong Penulis

Komentar

    Nurwandi

    (26 Juni 2017 - 4:55 AM)

    Wah mantaps broo

    Windi

    (30 Juni 2017 - 4:47 PM)

    wah asyik tuh, boleh banget nih infonya…

      cemong

      (2 Juli 2017 - 5:40 PM)

      Makasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *